Jual Kurma: Ketahui Tantangan Bisnis dan Solusinya
Bulan Ramadhan sudah dekat, salah satu jenis usaha yang banyak dilirik kalangan pebisnis adalah bisnis jual kurma. Meski sekilas terlihat simpel, namun pastikan Anda mengetahui apa saja tantangan yang ada saat menjalani bisnis jual beli kurma. Ada banyak hal yang harus dengan jeli diperhitungkan khususnya untuk memulai bisnis kurma di bulan Ramadhan yang akan datang.
Tantangan dan Solusi dalam Menjajaki Bisnis Jual Kurma
Kurma menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari saat Ramadhan tiba. Tahukah Anda, bahwa untuk memulai bisnis kurma yang diimpor langsung dari negara penghasilnya merupakan satu hal yang harus dilakukan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa tantangan yang ada dalam bisnis jual beli kurma dan solusi untuk mengatasinya dengan benar.
1. Konsep jual beli antar negara yang rumit
Calon pebisnis jual beli kurma impor harus memahami dengan benar tentang konsep jual beli antar negara beserta semua bentuk aturan yang berlaku. Dalam perdagangan internasional, terdapat beberapa kebijakan yang diterapkan dan harus dipatuhi oleh semua pebisnis yang menjalaninya. Diantaranya adalah:
Kebijakan kuota atau jumlah barang yang bisa diimpor pada periode tertentu
Kebijakan tarif berupa penerapan tarif yang tinggi untuk impor jenis barang tertentu
Kebijakan subsidi, yaitu pemberian subsidi dari pemerintah untuk jenis barang produksi lokal
Kebijakan larangan impor, jenis kebijakan yang diberlakukan untuk melakukan penghematan devisa atau jenis barang-barang yang berbahaya
2. Perkiraan waktu kedatangan barang
Pebisnis kurma juga harus jeli dalam memperhitungkan waktu kedatangan kurma sehingga tak kehilangan momentum terbaik untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis kurma. Menurut pebisnis kurma, puncak tertinggi konsumsi kurma adalah pada bulan Ramadhan. Pebisnis kurma setidaknya sudah mempersiapkan diri sekitar 6 bulan sebelumnya sehingga persediaan kurma aman selama bulan Ramadhan.
3. Prosedur impor kurma yang benar
Bisnis impor kurma dimulai dengan melakukan kesepakatan dengan para petani kurma di negara asalnya. Lalu pada bulan ke-4 sebelum waktu penjualan kurma yang diinginkan, kurma pesanan sudah harus dikirimkan ke alamat tujuan. Butuh waktu pengiriman kurang lebih sekitar 1 bulan dan selama masa menunggu, pebisnis kurma mempersiapkan pangsa pasar yang siap menjadi pelanggan potensial mereka. Demikian beberapa tantangan dan solusi yang harus diketahui oleh pebisnis jual kurma khususnya yang masih pemula. Selamat berbisnis.