Manfaatkan Peluang Jualan Kurma di Indonesia dan Raih Kesuksesan
Peluang jualan kurma di Indonesia sangat terbuka lebar, baik untuk penjual musiman, pemula, atau yang sudah pro sekalipun. Alasannya sederhana, hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat Indonesia pemeluk agama Islam, bahkan negara muslim terbesar di dunia.
Raih Kesuksesan Dengan Bisnis Kurma
Setiap tahun ada jutaan umat muslim menunaikan ibadah puasa yang tak lengkap rasanya jika tak ada kurma di atas meja. Selain itu ketika pulang dari ibadah haji dan umroh kurma identik diberikan sebagai oleh-oleh. Melihat peluang jualan kurma yang besar, tertarik untuk berbisnis? Ikuti tips berikut ini :
1. Siapkan Modal
Semua usaha itu butuh yang namanya modal. Bisnis kurma bisa dimulai dengan modal kecil kurang dari 1 juta rupiah. Darimana Anda bisa mendapatkan modal.
Cara pertama adalah dengan menabung, cara kedua melakukan investasi supaya uang yang dimiliki bisa berlipat ganda, ketiga adalah dengan cara meminjam, bisa mengajukan pinjaman ke bank, saudara, atau orang tua.
2. Cari Distributor
Distributor kurma di Indonesia itu banyak sekali, carilah distributor yang dapat dipercaya dan memiliki produk berkualitas baik. Cara memilih distributor pertama adalah dengan melakukan background check, kemudian dilanjutkan dengan melihat testimoni pelanggan.
Bahan pertimbangan selanjutnya ketika memilih distributor kurma yang baik adalah dengan mengukur jarak antara lokasi Anda dengan distributor, sistem pengiriman, serta biaya transportasi yang dibutuhkan. Karena semua poin tersebut akan berpengaruh pada harga jual.
3. Tentukan Target Penjualan dan Branding
Anda harus tau dulu kepada siapa produk ini mau dijual, lakukan analisa dan juga riset untuk mempelajari pola belanja dari calon pelanggan. Manfaat dari melakukan riset adalah Anda bisa mengetahui selera dari masyarakat dan menyesuaikannya dengan jenis kurma yang akan dijual.
Branding adalah memberikan nama produk atau merek yang akan menjadi identitas dari sebuah produk dan perusahaan, jadi keberadaan merek sangat penting. Buatlah nama brand yang mudah diingat dan logo juga simpel. Jadi saat orang melihat logo bisa langsung tau itu produk dari apa.
4. Stok Jenis Kurma Bervariasi
Jenis kurma ada banyak sekali, beda jenis beda pula rasa dan teksturnya. Di Arab sendiri tumbuh lebih dari 400 varietas kurma, untuk itu Anda harus tau jenis kurma apa yang populer di Indonesia seperti berikut ini :
Kurma Ajwa
Kurma Ajwa juga dikenal sebagai kurma nabi, kurma ini mengandung banyak gizi dan baik bagi tubuh. Bentuknya hitam kecil, tekstur buah lembut dan empuk serta memiliki citarasa yang manis.
Kurma Medjool
Kurma ini memiliki ukuran yang lebih besar dibanding kurma lain, bentuknya lonjong berwarna coklat kemerahan. Daging buahnya tebal, memiliki tekstur lembut, sedikit kenyal, rasanya manis dan legit, serta ada aroma yang harum.
Kurma Sukkari
Kurma ini dikenal karena rasanya yang sangat enak, bentuknya lebih pendek dengan warna kulit kuning kecoklatan. Rasanya manis, dengan tekstur empuk, gurih, dan lembab. Terasa lebih nikmat jika dimasukkan ke dalam kulkas sebelum dimakan.
Kurma Khalas
Kurma Khalas dikenal sebagai salah satu superfood karena kandungan gizinya sangat banyak. Ukuran buahnya sedang dengan warna coklat kemerahan, teksturnya lembut, rasanya manis seperti karamel.
Kurma Deglet Noor
Kurma ini juga dikenal dengan sebutan palm'fruit, banyak ditemukan di supermarket dalam kemasan styrofoam, yang paling menonjol dari kurma ini adalah dijual bersama tangkainya.
Bentuknya lonjong memanjang dengan warna kulit kuning keemasan berkerut, daging buahnya lebih kering dan kenyal, rasanya sendiri manis serta gurih.
5. Packaging Kurma
Tentukan apakah kurma Anda akan dijual dalam bentuk ecer atau grosir. Biasanya kurma eceran dijual mulai dari ukuran 259 gram, 500 gram, 650 gram, hingga 1 kg. Bentuk kemasan juga harus diperhatikan.
Sebaiknya menggunakan kemasan transparan seperti plastik, toples, tupperware, dan lain sebagainya. Sertakan juga informasi yang berisi nama merk, logo, netto, asal kurma, izin dari BPOM kalau ada, dan juga tanggal expired.
Jika kurma dijual dalam bentuk grosir perhatikan pula wadahnya. Kurma sebaiknya dikemas dalam bungkus plastik yang tebal, kemudian dimasukkan dalam kotak karton. Desain karton sesuai dengan selera dan sertakan juga informasi di bagian luarnya.
6. Teknik Marketing
Metode pemasaran menjadi nyawa dari sebuah usaha, jalan atau tidaknya bisnis tergantung dari cara pemasarannya. Sebagai permulaan rajin melakukan promosi dan iklan sangat diperlukan.
Anda bisa mengiklankan produk dan melakukan promosi dengan menyebar brosur, memanfaatkan social media, membuat website khusus, memasang brosur di depan toko, menawarkan langsung kepada setiap pelanggan yang ditemui.
7. Tentukan Harga Jual
Sebelum menentukan harga jual lakukan riset terlebih dahulu, cari tau berapa harga jual kurma milik kompetitor di sekitar Anda. Hitung juga biaya kulakan, biaya transportasi, biaya operasional, dan lain sebagainya.
Anda bisa menetapkan harga jual yang sama dengan kompetitor atau sedikit lebih murah beberapa ratus rupiah, misalnya Rp 29.500 per kg. Perbedaan harga walaupun tidak banyak menjadi cara ampuh untuk menarik pelanggan.
Produk Olahan Kurma
Walaupun kurma populer, ternyata masih banyak loh orang yang tidak suka makan kurma. Alasannya paling tidak basic adalah karena rasanya terlalu manis, untuk menyiasati hal tersebut coba keasikan kurma menjadi produk baru untuk meningkatkan nilai jualnya.
1. Jus kurma
Kurma memiliki rasa manis alami yang kuat, sehingga ketika dibuat jus tak perlu ditambahkan gula, jadi lebih irit dari segi modal.
2. Susu Kurma
Susu memiliki rasa yang gurih dan creamy, jika digabungkan dengan manisnya kurma terasa sangat enak. Agar susu kurma lebih enak sebaiknya setelah diblender disaring terlebih dahulu. Minum susu kurma dingin selain enak juga bisa jadi pengganjal perut sementara.
3. Smoothies Kurma
Siapa yang suka makan smoothies? Anda juga bisa membuat smoothies kurma yang enak dan menjualnya. Smoothies ini bisa di mix menggunakan yogurt atau ditambah garnish buah buahan segar yang memiliki citarasa asam manis untuk membalance rasa kurma.
4. Es Krim Kurma
Es krim rasa coklat udah biasa, tapi gimana rasanya ya kalau rasa kurma. Buat es krim itu gampang banget, buah kurma bisa dijadikan base adonan atau dipotong kecil-kecil dan dicampur dengan adonan es krim setengah jadi. Es krim kurma sangat cocok dinikmati saat siang hari atau digunakan sebagai menu buka puasa.
5. Infused Water
Meminum rendaman air kurma sangat dianjurkan karena berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Ide ini bisa jadi peluang bisnis untuk Anda. Peminat infused water paling banyak berasal dari kalangan anak muda dan orang yang menjalani gaya hidup sehat.
Begitu besar peluang jualan kurma jualan kurma di Indonesia. Dari modal kecil bisa meraup untung berkali-kali lipat. Namun setiap usaha harus dibarengi dengan doa, niat, konsistensi, dan pantang menyerah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.