Tak terasa Ramadhan Segera tiba. Semua muslim pasti bergembira. Pintu Rahmat Allah buka, pintu surga terbuka, pintu neraka Allah tutup rapat-rapat. Masjid-masjid ramai orang salat, tilawah, tadarus dan bersedekah. Bukan hanya itu, Ramadan adalah bulan kemenangan bagi para pedagang. Bisa dipastikan, jualan pada bulan Ramadan Lebih ramai dari bulan biasanya. Salah satu produk yang menemukan momentumnya adalah kurma. Di hari biasa orang jarang mengonsumsi kurma. Tetapi pada bulan Ramadan, nyaris setiap rumah sedia kurma untuk buka puasa dan makan sahur. Padahal, kurma bukan produk asli Indonesia. Kurma merupakan makanan favorit yang berasal dari Arab dan Timur Tengah. Banyak orang memperoleh limpahan berkah dari penjualan kurma. Apakah Anda, salah satunya?
Ramadan adalah bulan kebahagiaan bagi umat Islam. Setiap orang menyambut Ramadhan dengan suka cita. Puasa merupakan ibadah wajib setiap muslim pada bulan Ramadan. Untuk melengkapi buka puasa dan makan sahur, para ibu-ibu biasanya menyediakan buah kurma. Bila seluruh umat Islam di Indonesia berpuasa, maka ada jutaan orang yang puasa. Bisa dibayangkan, berapa besar potensi kebutuhan buah kurma seluruh Indonesia. Menarik, bukan?
Bila Anda punya insting berbisnis, maka ini adalah sebuah peluang yang sangat menarik. Apabila Anda bisa menyediakan apa yang banyak orang butuhkan, maka mereka akan rela menyerahkan uangnya kepada Anda. Mereka akan datang kepada Anda untuk memperoleh kurma terbaik. Maka, Anda bisa memanfaatkan kesempatan emas ini. Ramadhan adalah momentum untuk berbisnis kurma.
Baca juga : Peluang Usaha Bisnis Kurma Barari
kata kunci agar usaha dan bisnis Anda sukses adalah pemasaran (marketing). Sebagus apapun produknya, bila tidak bisa memasarkan, maka tidak akan laku. Kurma merupakan produk yang pasti dibutuhkan pada bulan Ramadan. Walaupun begitu, Anda perlu mempersiapkan banyak hal agar bisnis kurma Anda berjalan lancar dan memperoleh profit yang besar.
Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda jalankan untuk memulai usaha jualan kurma:
Tetapkan siapa target market Anda
Sebelum Anda memulai jualan kurma, Anda perlu mengetahui siapa target market Anda. Apakah target market itu? Target market adalah orang-orang yang berpotensi untuk membeli produk Anda. Dalam hal ini ya kurma Anda. Apakah Anda menjual kurma secara eceran atau grosiran. Menjual eceran artinya Anda menjual kepada masyarakat secara langsung. Mereka membeli kurma untuk mengonsumsinya di rumah. Atau Anda menjual secara grosir. Mereka membeli kurma dalam jumlah besar untuk dijual lagi di toko atau sosial media mereka. Mengapa perlu menemukan target market yang tepat? Karena target market yang tepat akan memudahkan Anda untuk menjual produk Anda. Memudahkan Anda membuat promosi penjualan. Anda bisa menggunakan bahasa marketing yang tepat sesuai dengan bahasa target market Anda.
Siapa kompetitor Anda
Anda telah menemukan siapa target market jualan kurma Anda. Berikutnya, Anda perlu mencari tahu siapa kompetitor Anda. Jangan pernah menjual produk yang tidak ada pesaing (kompetitor). Mengapa? Karena dikhawatirkan produk itu tidak ada yang mencari. Buat apa Anda menjual sesuatu yang tidak ada pencarinya (pembeli).
Sebaliknya, carilah produk yang memiliki kompetitor kuat. Semakin besar kompetitor, semakin besar potensi pasarnya. Apabila Anda ingin menjual kurma, maka Anda akan menemukan banyak kompetitor yang menjual kurma serupa. Maka Anda perlu mempelajari bagaimana mereka menjual kurmanya. Di mana Mereka menjual kurmanya. Strategi apa yang mereka gunakan untuk menjual kurma.
Media apa yang Anda gunakan untuk berjualan kurma
Setelah Anda menemukan target market yang tepat untuk jualan kurma Anda. Maka Anda bisa merencanakan strategi penjualan yang tepat. Apakah Anda akan menggunakan cara jualan offline. Membuka toko di tempat yang strategis. Membuat brosur dan menyebarkannya di lampu merah dan perempatan. Membuat promosi yang menarik di radio. Dan lain sebagainya.
Atau sebaliknya, Anda menggunakan media online. Anda ingin menjangkau lebih banyak audience (target market) yang tepat. Maka Anda membuat sebuah website sesuai dengan nama usaha Anda. Selanjutnya Anda membuat fanspage di Facebook. Membuat Instagram. Semua Anda optimasi dengan konten yang berkualitas. Sehingga bisa menarik target market Anda untuk datang, melihat dan akhirnya tertarik untuk membeli. Marketing online Anda bisa memanfaatkan pemasaran gratis atau berbayar. Apabila Anda ingin lebih cepat memperoleh pembeli yang benar-benar tertarget, maka Anda bisa memanfaatkan cara berbayar. Anda bisa beriklan di Google Ads atau Facebook Ads. Sebelum Anda memulai beriklan di Google Ads atau Facebook Ads, Anda perlu menyiapkan banyak hal. Misalnya saja:
Selanjutnya Anda bisa berkreasi untuk meningkatkan konversi orang yang datang agar benar-benar menjadi pembeli. Di sinilah tantangan Anda sebagai seorang pebisnis. Bagaimana mengonversi traffic menjadi penjualan. Jadi, bukan sekedar ramai iklan dengan biaya murah. Tetapi benar-benar ada penjualan yang menghasilkan profit dan profit berubah menjadi cash.
Berikan layanan terbaik
Faktor penting yang tidak kalah menarik adalah memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen (customer) Anda. Bagaimanapun juga customer adalah raja. Mereka daang untuk menyerahkan uangnya pada Anda. Maka, berikan pelayanan terbaik.
Berikut beberapa tips memberikan layanan terbaik kepada customer:
Kontak yang mudah dihubungi
Sering kita menemukan sebuah landingpage penjualan yang sangat menarik. Penawaran bombastis, iklannya datang bertubi-tubi. Tetapi mereka lupa tidak memberikan kontak yang mudah dihubungi oleh costumer. Customer perlu menyimpan nomor dulu untuk tanya-tanya, konsultasi dan membeli. Padahal, castomer maunya cepat. Mereka hanya mau melihat penawaran yang menarik, tertarik dan mengklik sebuah kontak yang mudah dihubungi untuk nanya-tanya, konsultasi dan akhirnya mau beli. Sesederhana itu journey penjualan sebuah produk yang berkualitas.
Fast respon
CS (Customer Service) terkadang lalai memberikan respon yang cepat kepada prospek yang datang. Padahal prospek ini datang karena iklan. Iklan perlu membayar (biaya iklan). Maka, siapa pun yang datang melalui iklan bisa jadi adalah target market yang tepat. Mereka adalah prospek yang berpotensi untuk membeli produk Anda. Maka, berikan mereka layanan terbaik. Agar mereka rela memberikan uangnya kepada.
Produk yang siap kirim
Banyak bisnis online yang melakukan promosi berlebihan. Jualan laris manis, akhirnya produk habis. Akhirnya, produk yang terbatas membuat customer lari dan tidak jadi beli. Sayang, kan?
Jangan pernah meminta costumer untuk menunggu. Siapkan produk terbaik dalam jumlah yang banyak. Agar Anda tidak kehabisan produk. Apalagi kurma merupakan produk musiman. Laris Manis bak kacang goreng hanya di bulan Ramadan saja. Maka, Anda perlu menyiapkan modal yang cukup untuk ambil stok kurma dalam jumlah besar. Mungkin ada keraguan di hati Anda bila mengambil stok dalam jumlah banyak “Bagaimana jika tidak laku?”. Tetapi sebagai seorang pengusaha, Anda perlu yakin bahwa bisnis Anda akan jalan dan Anda akan memperoleh keuntungan berlipat-lipat. Stok yang banyak merupakan salah satu motivasi agar ada semangat dan antusias menjalankan bisnis kurma ini.
Trik jualan kurma agar laris manis bak kacang goreng
Agar jualan kurma Anda laris manis, maka Anda perlu menggunakan strategi yang jitu dan tepat sasaran. Berikut beberapa trik agar jualan kurma Anda laris manis:
Manfaatkan 2 media jualan; online dan offline
Walaupun Anda punya sebuah toko yang besar untuk jualan kurma tetapi Anda perlu membuat kanal penjualan online. Sehingga potensi orang yang datang untuk memilih kurma Anda datang dari dua arah. Ibarat kata, Anda punya dua kran sumber penghasilan; online dan offline. Menarik, bukan?
Anda bisa mengombinasikan 2 strategi penjualan. Misalnya saja, ketika produk kurma Anda baru datang dalam jumlah besar. Anda bisa membuat foto dan videonya. Segera kirim foto dan video ini ke sosial media. Share ke grup-grup jualan yang ada di daerah Anda. Buat kalimat yang menarik sehingga membuat orang penasaran untuk datang. Ketika banyak orang datang ke toko Anda, berikan kejutan yang surprise. Misalnya saja, Anda memberikan hadiah. Maka, mereka akan salut dan bahagia. Serta merta, mereka akan mengunggah jualan Anda ke sosial media mereka tanpa Anda minta. Jadilah ini media promosi gratis yang efeknya luar biasa untuk jualan Anda.
Memilih produk terbaik
Agar jualan kurma Anda laris manis dan mendapat rekomendasi dari pembeli, maka Anda perlu menyiapkan produk terbaik. Di era sekarang ini, orang rela membayar harga lebih mahal dengan produk terbaik. Daripada produk dengan harga murah tetapi kualitasnya rendah. Iya, kan?
Free pengiriman
Para pembeli kurma dalam jumlah besar bisa Anda berikan service (layanan) free pengiriman. Sehingga mereka tidak perlu datang ke toko Anda. Anda siap mengirimkan pesanan mereka sampai ke alamat. Sekilas tampak berat. Mungkin Anda merasa ragu dengan biaya kirimnya. Tetapi mereka akan puas dengan pelayanan Anda. Mereka akan datang lagi kepada Anda untuk membeli dalam jumlah yang lebih besar lagi.
Distributor kurma tangan pertama
Apabila Anda berminat untuk memulai bisnis kurma, maka Anda harus mencari supplier kurma tangan pertama. Mengapa mencari supplier tangan pertama? Karena mereka memiliki produk terbaik dengan harga yang sangat kompetitif. Sehingga Anda berpeluang untuk menjual dengan harga yang bagus dan Anda akan mendapat profit (keuntungan) yang berlimpah dari jualan kurma selama bulan puasa ini. Menarik, bukan?
Kami sebagai distributor kurma tangan pertama sedang mencari distributor seluruh Indonesia. Apabila Anda berada di salah satu kabupaten kota seluruh Indonesia dan Anda berminat untuk memulai usaha kurma, maka Anda sedang berada di website yang tepat. Anda bisa berpartner dengan kami untuk memasarkan produk kurma terbaik di wilayah Anda. Kami akan memberikan kurma terbaik dengan harga kompetitif khusus untuk Anda.
Grosir kurma terbaik
Anda terbiasa jualan kurma, maka Anda bisa mengambil grosir kurma terbaik dari kami. Untuk memperoleh pembeli yang tepat, berpeluang langganan dan mempromosikan jualan Anda, maka Anda perlu menyiapkan produk terbaik. Produk terbaik akan memperoleh rekomendasi dari pembeli Anda. Sehingga mereka dengan senang hati akan membicarakan produk kurma Anda yang berkualitas, rasanya enak dan bikin ketagihan. Tanpa strategi ini, maka jualan kurma Anda tidak akan bertahan lama. Apalagi di era digital ini, orang begitu mudahnya memperoleh informasi dari sosial media dan grup WA. Seorang pakar branding, kenamaan pak Bi mengatakan bahwa produk yang berkualitas akan mampu menjual dirinya sendiri.
Cek produk : Kurma Barari
Penutup
Jadi, pastikan Anda memperoleh produk kurma terbaik dengan harga yang sangat kompetitif dari kami. Sehingga Anda berpeluang memperoleh keuntungan berlipat ganda. Menerapkan strategi dalam artikel ini akan mengantarkan Anda meraih penjualan kurma untung berlipat hanya pada bulan Ramadan saja. Tertarik? Silakan hubungi kontak kami di sini