Kurma adalah makanan istimewa pada bulan Ramadan. Betapa tidak, nyaris setiap rumah pasti mempunyai persediaan kurma untuk buka puasa dan santap sahur. Padahal, pada bulan-bulan biasa tidak ada penjual kurma kecuali pada toko tertentu. Padahal, pada bulan Ramadhan, banyak orang jual kurma dadakan yang ingin memanfaatkan momentum Ramadan setahun sekali.
Lantas, berapa harga kurma di Indonesia? Harga kurma di Indonesia menyesuaikan daerah, asal-usul kurma dan kualitasnya. Kurma yang berkualitas tinggi memiliki harga yang bagus dan mahal. Sebaliknya, kurma biasa memilihi potensi harga yang murah. Kualitas dan harga jadi penentu siapa target marketnya.
Bulan Ramadan datang membawa keberkahan dan kelimpahan. Salah satunya adalah banyak bermunculan kebutuhan pada bulan Ramadan. Maka, secara umum kebutuhan orang pada bulan Ramadan selalu lebih banyak daripada bulan-bulan biasanya. Salah satunya adalah kebutuhan kurma. Pada bulan biasa selain Ramadan orang tidak begitu membutuhkan kurma. Karena mereka tidak mempersiapkan buka puasa dan makan sahur. Tetapi pada bulan Ramadan ibu-ibu pasti menyiapkan buka puasa. Dan memang sunnah buka puasa dengan yang manis-manis. Maka buah kurma menjadi pilihan primadona banyak ibu-ibu sebelum menyantap buka puasa. Berikut beberapa peluang yang bisa Anda temukan sebelum memulai jualan kurma pada bulan Ramadan:
Memang kebutuhan kurma orang-orang pada bulan Ramadan sangat tinggi. Tetapi ada aneka variasi kurma yang beredar. Setiap variasi memiliki karakteristik, ukuran, rasa dan harga yang berbeda-beda. Setiap jenis kurma dengan harga yang berbeda memiliki potensi pembeli masing-masing. Maka, Anda perlu menentukan di awal apakah Anda akan bermain pada ke kurma harga murah atau kurma mahal. Kata kuncinya adalah menemukan target market. Bila Anda menjual kurma murah, Anda bisa menjualnya di pinggir jalan. Targetnya adalah masyarakat umum. Mereka siap membeli kurma dengan kualitas rendah dengan harga murah. Kata kuncinya adalah harga murah. Tetapi bila Anda bermain pada harga mahal, Anda tidak bisa menjualnya di pinggir jalan. Sebaliknya, Anda harus menjualnya di toko dan supermarket. Beda tempat beda kualitas dan harga.
Faktor penting berikutnya adalah menentukan harga kurma. Anda bisa menentukan harga kurma setelah Anda menemukan siapa target market Anda. Harga sesuai dengan kualitasnya. Bila Anda ingin menjual kurma kualitas super, maka harganya mahal. Sebaliknya, bila Anda menjual kurma kualitas rendah, Anda bisa menjualnya dengan harga murah. Kata kunci sukses menjual kurma harga murah adalah faktor kali. Semakin banyak kurma yang Anda jual, semakin besar potensi keuntungan Anda.
Banyak orang yang bertanya berapa harga kurma? Harga kurma sesuai dengan kualitas kurma. Ada banyak jenis kurma dengan aneka harga yang ada di pasaran. Tentu harga kurma sesuai dengan kualitasnya. Semakin bagus kualitas kurma, semakin mahal harganya.
Anda perlu terlatih memilah dan memilih jenis kurma terbaik sesuai dengan kelasnya. Bukan berarti kurma murah kualitasnya rendah, tidak selalu begitu. Adakalanya kurma murah tapi kualitasnya bagus. Maka kata kuncinya adalah memiliki pemahaman yang baik tentang karakteristik jenis kurma.
Apabila Anda sudah menemukan target market yang tepat, memahami karakteristik kurma terbaik dengan harga murah. Maka, Anda bisa mencari distributor kurma yang lengkap, memberikan pelayanan ramah dan memiliki harga yang kompetitif. Sehingga Anda bisa bermain harga. Anda berpeluang memperoleh harga murah dengan kualitas baik.
Baca juga: Distributor kurma terbesar di Indonesia
Anda perlu mempersiapkan diri jauh hari sebelum datang bulan Ramadan. Maka, Anda sudah mulai membuat promosi yang menarik dan mengiklankan produk kurma Anda. Sehingga ketika bulan Ramadan tiba, calon pembeli Anda sudah tahu di mana mereka harus memilih kurma terbaik dengan harga yang kompetitif.
Berikut tips sederhana yang bisa Anda jalankan untuk memulai jualan kurma pada bulan Ramadan:
Untuk memasarkan kurma Anda, Anda bisa menggunakan 2 strategi penjualan. Yaitu penjualan online dan offline. Sehingga Anda punya 2 potensi pembeli. Sebelum memulai jualan Anda tidak tahu siapa yang akan membeli produk Anda. Maka, dengan 2 strategi penjualan Anda berpeluang memperoleh 2 sumber penghasilan. Asyik, kan?
Cek produk : Kurma Barari
Untuk membuka usaha kurma offline, pastikan Anda memilih tempat yang benar-benar strategis. Yaitu tempat yang mudah dijangkau oleh calon pembeli Anda. Untuk memilih tempat yang stratwgis, Anda bisa mempertimbangkan faktor berikut ini:
1. Memiliki traffic pengunjung
2. Lahan parkir cukup
3. Daerah ramai lalu-lalang orang
Anda perlu membuat promosi yang menarik agar jualan kurma Anda laris manis. Misalnya saja, membuat banner jualan kurma. Berikan gratis untuk mencoba bagi yang tidak puasa. Penawaran ini menarik. Mengapa? Mayoritas orang pasti puasa pada bulan Ramadan. Tetapi Anda menawarkan boleh mencoba kurma. Pasti orang mengira Anda sedang bercanda. Tetapi tujuan Anda hanyalah agar usaha Anda banyak dibicarakan orang. Maka secara tidak langsung mereka sedang mempromosikan jualan kurma Anda secara gratis. Menarik, bukan?
Kesimpulan
Memulai jualan kurma adalah pilihan tepat bagi Anda. Tetapi Anda perlu memulai jauh hari sebelum datangnya Ramadhan. Sehingga pada saat Ramadhan datang calon pembeli Anda sudah tahu di mana mereka harus membeli kurma terbaik. Dalam artikel ini Anda sudah belajar bagaimana cara jual kurma mudah berpotensi menghasilkan income besar pada bulan Ramadan. Selanjutnya segera eksekusi sebelum didahului oleh kompetitor Anda.